Mengenal Jenis-jenis Bahan Jersey dan keunggulannya

Pernahkah kamu merasa gerah dan tidak nyaman saat berolahraga menggunakan? bisa jadi itu karena bahan jersey yang kamu gunakan tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

Salah satu kain yang biasa digunakan untuk berolahraga adalah bahan jersey. Bahan jersey menjadi bahan yang cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di daerah tropis, yang memiliki suhu udara hangat. 

Memiliki daya serap keringat yang cukup baik dan  berbahan lembut, membuat bahan jersey banyak digunakan untuk pakaian olahraga dan busana muslim.

Dalam artikel ini kamu akan mendapat panduan mengenai beragam jenis bahan jersey yang umum digunakan dalam pembuatan pakaian, beserta keunggulannya masing-masing. Yuk, disimak.

Apa itu Bahan Jersey?

Bahan jersey pada awalnya dibuat dari benang wol. Saat ini bahan yang banyak digunakan di industri konveksi ini, merupakan jenis kain rajut yang dihasilkan dari kombinasi bahan katun dan serat sintetis. Bahan ini dinamakan jersey karena berasal dari pulau bernama pulau Jersey, yang terletak diantara negara Perancis dan negara Inggris. 

Kain jenis jersey banyak digunakan dalam pembuatan pakaian olahraga. Jenis bahan ini memiliki sifat elastis dan fleksibel yang membuatnya dapat merenggang mengikuti bentuk tubuh. 

Bahan jersey juga dikenal sebagai cotton stretch. Bahan ini memiliki permukaan yang lembut, tidak berbulu, halus dan tebal.

Jenis dan Karakteristik Bahan Jersey

Bahan jersey terkenal karena memiliki tekstur kain yang lembut, membuat nyaman dan memiliki kemampuan menyerap keringat dengan cepat. Beberapa jenis bahan jersey memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut beberapa jenis dan karakteristik bahan jersey yang wajib kamu ketahui agar tidak keliru dalam memilih dan sesuai dengan kebutuhan.

Jersey dry-fit

Kain dry-fit merupakan kombinasi dari serat katun, polyester, spandex dan nilon. Rasio untuk masing-masing material dalam campuran kain akan berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian olahraga karena memiliki tekstur bahan yang ringan, adem, dan mampu menjaga tubuh tetap kering saat melakukan aktivitas olahraga yang intens. Dry-fit memberikan kenyaman pada penggunanya karena memiliki kemampuan mengatur suhu tubuh.

Dry-fit terbagi ke dalam dua jenis, yaitu original dan lokal. Diantara kedua jenis bahan tersebut, grade original lebih banyak diminati konsumen karena tekstur kainnya lebih halus, adem dan elastis saat digunakan.

Jersey dry-fit banyak digunakan untuk jersey sepakbola, badminton, voli, tenis dan lainnya.

Jersey Serena

Produsen pakaian olahraga seperti Nike dan Adidas menggunakan bahan jersey jenis serena sebagai bahan untuk pembuatan baju olahraga. Memiliki karakeristik kain dengan elastisitas tinggi, tidak heran membuat jersey serena banyak digunakan dalam pembuatan pakaian olahraga. Tidak hanya baju olahraga, tapi bahan ini juga kerap digunakan untuk membuat pakaian muslim seperti, gamis, tunik dan lainnya.

Jersey serena memiliki tekstur kain yang halus dengan pori-pori besar membuat jersey ini mampu menyerap keringat dengan maksimal sehingga membuat nyaman saat digunakan.

Jersey Rayon

Kain ini terbuat dari kombinasi serat rayon dan jersey. Sering disebut sebagai spandek rayon, kain ini memiliki karakteristik bahan yang tebal, tidak menerawang, elastis dan lembut dikulit.

Bahan jersey rayon memiliki pori-pori kain yang cukup rapat, namun masih mampu menyerap keringat dengan baik sehingga masih tetap nyaman digunakan untuk aktivitas fisik aktif seperti olahraga.  

Memiliki kualitas yang baik dengan harga ekonomis, bahan jersey rayon banyak digunakan oleh produsen digital printing tekstil. Jersey rayon memberikan tampilan mewah dan nyaman, sehingga banyak digunakan untuk membuat gamis, hijab, hijab sport dan pakaian olahraga.

Jersey Paragon

Bahan jersey paragon memiliki karakteristik bahan yang lebih hangat dan kurang elastis. Memiliki tekstur permukaan kain yang mengkilap dan halus, sehingga bisa menghasilkan tampilan pakaian yang mewah dan elegan. Bahan jenis ini memiliki pori-pori kain yang rapat sehingga kurang bisa menyerap keringat dengan maksimal.

Kualitas yang dimiliki jersey paragon tidak sebaik jersey dry-fit dan serena, namun tetap bisa digunakan untuk membuat pakaian olahraga yang cukup longgar, seperti jersey basket. Jersey paragon banyak digunakan karena harganya yang ekonomis, namun memiliki kualitas kain yang cukup baik sehingga bisa menghemat ongkos produksi.

Jersey High Twist

Jenis bahan ini memiliki banyak pilihan warna dibanding dengan jenis bahan jersey lainnya. Memiliki sekitar 20-30 variasi warna, khususnya warna-warna cerah.

Terbuat dari campuran bahan sintetis polyester, kain ini akan memberikan sensasi sedikit gerah saat digunakan. Jersey high twist memiliki tekstur kain yang lembut dan mengkilap. Meskipun tergolong bahan yang memiliki harga cukup murah, namun bahan jersey ini memiliki rajutan kain yang cukup rapi.

Jersey ini memiliki dua jenis pilihan, yaitu kaos dan tenun. Jenis kaos biasanya memiliki karakteristik mudah melar, sebaliknya jenis tenun tidak mudah melar dan banyak digunakan sebagai bahan pembuatan blazer.

Jersey Stella

Bahan jersey stella memiliki kualitas premium yang membuat harganya lebih mahal dibandingkan bahan jersey lainnya sehingga disebut jersey super. Karakteristik kain yang tebal dan lembut, namun berkat sirkulasi kain yang dibuat dengan baik membuat kain terasa sejuk dan nyaman saat digunakan.

Jersey stella jika dilihat sekilas akan terlihat mirip dengan bahan jersey bahan spandek ITY. bahan ini akan terlihat seperti bahan kaos jika dilihat dari kejauhan.

Bahan ini digunakan untuk pembuatan gamis, hijab, tunik dan lainnya.

Jersey Etiway

Karaketristik kain jersey etiway hampir sama dengan jersey hight twist, yaitu lembut, mengkilap, tekstur lemas dan mudah jatuh. Perbedaannya jersey etiway memiliki serat rajutan yang lebih renggang, sehingga lebih sejuk ketika digunakan.

Jersey etiway dan hight twist juga memiliki perbedaan pada ukuran dan berat masing-masing bahan. Etiway memiliki ukuran yang lebih lebar, yaitu 150 cm dan lebih berat sekitar 210 gsm.

Jersey Spandek ITY atau Spandek Korea

Jersey spandek ITY hadir dengan beragam pilihan warna-warna soft. Memiliki karakteristik kain yang kasar dan tidak mengkilap, berbeda dengan bahan spandek lainnya. Meskipun memiliki tekstur kain yang kasar, namun jenis bahan ini tetap terasa lembut dan sejuk saat digunakan karena memiliki serat yang sangat halus.

Memiliki gramasi 280 gsm, menjadikan jersey spandek korea sebagai bahan jersey terbaik. Bahan jersey ini biasanya digunakan untuk membuat pakaian muslim, pakaian pesta dan lain-lain.

Jersey Scarlet & Sherly

Pakaian muslim banyak menggunakan bahan jersey scarlet & sherly untuk produksinya. Bahan jenis ini memiliki banyak pilihan warna dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun memiliki karakteristik permukaan kain yang kasar dengan serat rajutan renggang dan kurang rapi, namun kain jenis ini akan membuat gamis terlihat menawan dan cukup nyaman digunakan.

Bahan jersey scarlet & sherly memiliki pilihan warna yang tidak terlalu ceran dan kurang dingin saat digunakan. Kain ini mempunyai berat antara 140 gsm sampai 210 gsm.

Jersey Crepe

Memiliki tekstur seperti kulit jeruk, bahan jersey crepe memiliki keunikan tersendiri dibandingkan bahan jersey lainnya yang cenderung memiliki tekstur halus. Umumnya bahan ini digunakan untuk membuat pakaian muslimah seperti gamis, tunik dan hijab.

Keunggulan Bahan jersey

Apa sih yang membedakan bahan jersey dengan bahan spandek yang lain?. Berikut beberapa point penting, yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu untuk mengunakan pakaian dengan bahan jersey.

  • Anti kusut, kain jenis ini tidak mudah kusut sehingga kamu tidak perlu menyetrikanya setiap saat. 
  • Mudah menyerap keringat, pastinya ini adalah faktor penting yang menjadi pertimbangan kamu saat menggunakan bahan jersey. Kelebihan ini akan membuat kamu merasa nyaman, apalagi saat kamu berolahraga.
  • Bahan kain yang dingin, hal ini akan membuat kamu merasa nyaman saat beraktivitas
  • Cepat kering, meskipun cukup tebal namun bahan ini memiliki kelebihan mudah kering. Ini tentunya menjadi poin plus, terutama kalau kamu tipe yang aktif dan mengeluarkan banyak keringat saat beraktivitas
  • Memiliki beragam pilihan warna, bagi kamu pecinta kain warna-warni tidak perlu khawatir dengan pilihan warna bahan jersey. Lupakan warna monokrom, bahan jersey memiliki beragam warna yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari warna gelap, terang atau soft.

Bahan jersey memiliki beragam jenis pilihan beserta keunggulannya masing-masing. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan pakaian dengan bahan jersey, ada baiknya kamu melakukan riset mengenai bahan jersey yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi mengenai berbagai jenis bahan jersey dan keunggulannya dalam artikel ini dapat membantu.