Tips Merawat Jersey Agar Awet dan Warna Tetap Cerah

Punya jersey kesayangan yang warnanya sudah pudar atau bahannya melar?jangan khawatir ada beberapa tips yang bisa kamu praktekan agar jersey awet dan warnanya tetap cerah.

Bagi penggemar olahraga, memiliki jersey adalah sebuah keharusan, terutama penggemar olahraga sepak bola. Mereka bahkan sampai rela menghabiskan uang untuk membeli jersey original dari klub favoritnya. Namun, tidak semua orang paham bahwa perawatan jersey tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Jersey memerlukan perawatan yang tepat agar kualitas kain dan warnanya tetap terjaga dan awet. Agar jersey kamu tetap keren dan tidak mudah rusak, kamu bisa mengikuti beberapa tips cara merawat jersey di artikel ini.

Pentingnya Merawat Jersey

Jersey umumnya terbuat dari kombinasi bahan katun dan sintesis. Kombinasi ini menghasilkan kain yang mampu menyerap keringat, cepat kering dan mampu mengatur suhu tubuh.

Namun, jika kamu salah dalam melakukan perawatan, jersey akan mudah rusak, meninggalkan bau yang sulit dihilangkan dan bahannya menjadi melar sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Merawat jersey dengan cara yang tepat, akan memberikan beberapa keuntungan, diantaranya: 

  • Usia pakai jersey lebih panjang 
  • Menjaga kualitas jersey, sehingga masih nyaman digunakan dalam jangka waktu lama
  • Tampilan jersey tetap menarik dan keren

Tips Merawat Jersey

Berikut beberapa tips merawat jersey supaya tidak cepat rusak: 

Baca Label Perawatan

Biasakan untuk membaca label perawatan sebelum mencuci jersey. Kamu akan mendapatkan petunjuk bagaimana cara merawat jersey. Mulai dari cara mencuci, sabun cuci yang tidak bisa digunakan, cara mengeringkan, cara menyetrika dan bagaimana  menyimpannya dengan benar.

Dengan membaca dan memahami label perawatan, usia jersey kesayanganmu akan lebih panjang, kualitas warnanya tetap bagus dan tampilan jerseymu tetap keren.

Pastikan Mencuci Jersey dengan Cara yang Tepat

Sebelum mencuci jersey, pastikan kamu memisahkan jersey dengan pakaian yang lain. Hal ini dikarenakan masing-masing pakaian memiliki cara mencuci dan perawatan  yang berbeda. Kelompokan jersey berdasarkan bahan dan kegunaannya.

Saat mencuci jersey pastikan mencucinya dalam keadaan terbalik. Hal ini untuk mencegah warna dan sablon jersey rusak akibat gesekan saat proses pencucian.

Dibandingkan dengan detergen yang memiliki kandungan bahan yang keras, lebih baik menggunakan sabun yang lembut untuk mencuci jersey. Gunakan air dingin atau hangat jangan gunakan air panas karena akan merusak serat kain. Jangan merendam jersey terlalu lama cukup 10-15 menit dan kucek dengan lembut menggunakan tangan. 

Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci dan mengeringkan jersey. Penggunaan mesin akan mengakibatkan jersey menjadi melar dan menyusut. 

Menjemur dan menyetrika Jersey dengan Benar

Ketika akan menjemur jersey setelah dicuci, pastikan kondisi jersey dalam keadaan terbalik. Hal ini berguna agar warna jersey tidak luntur karena dijemur langsung di bawah sinar matahari, namun alangkah baiknya jangan menjemur jersey langsung di bawah sinar matahari. Jemur jersey di ditempat yang terdapat penutup diatasanya, sehingga jersey tidak langsung bersentuhan dengan sinar matahari.

Tidak semua jersey harus dijemur, ada beberapa jersey yang harus dikeringkan menggunakan hairdryer. Penggunaan hairdryer membantu mencegah jersey menjadi kusut dan menyerap air lebih cepat.

Saat menyetrika jersey, pastikan kondisi jersey sama seperti saat mencuci dan menjemur, yaitu dalam keadaan terbalik. Menyetrika jersey dalam keadaan terbalik dapat mencegah suhu panas dari setrika mengenai warna jersey atau sablon yang akan membuat warnanya menjadi pudar atau bahan jersey menjadi melepuh karena suhu panas.

Pastikan kamu menyetrika jersey dengan cara yang tepat, karena ada beberapa bahan jersey yang hanya bisa disetrika dengan setrika uap atau bahkan tidak boleh disetrika sama sekali.

Menyimpan Jersey dengan Baik

Ketika jersey tidak digunakan, simpanlah jersey dengan baik di tempat yang sejuk dan kering. Hindari  lemari atau ruang yang lembap. Simpan jersey dengan menggunakan gantungan baju atau hanger, terutama untuk jersey yang memiliki nomor punggung. Melipat jersey dalam waktu yang lama akan memengaruhi kualitas sablon.

Cara Mencegah Masalah Umum Pada Jersey

Mungkin banyak dari kamu mengalami masalah yang umum dihadapi saat menggunakan jersey, seperti noda membandel, jersey yang melar, dan warna yang luntur. Agar kamu tidak mengalami hal tersebut, yuk disimak cara mencegah dan mengatasinya.

Noda Membandel

Sebelum menghilangkan noda, kamu harus pastikan terlebih dahulu jenis noda yang menempel di jersey, apakah noda minyak, saus, tinta dan lain-lain. Dengan mengetahui jenis noda, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Karena setiap jenis noda, membutuhkan penanganan yang berbeda.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka, baking soda dan jus lemon untuk menghilangkan noda, atau kamu bisa penggunakan deterjen khusus untuk membersihkan noda membandel, biasanya jenis deterjen ini memiliki formula khusus untuk menghilangkan noda membandel. 

Mengatasi Jersey yang Melar

Biasanya kondisi jersey yang melar diakibatkan penggunaan mesin saat mencuci jersey. Hindari penggunaan mesin pengering saat mencuci jersey, jangan menggunakan air panas saat mencuci karena dapat membuat serat kain menjadi lemah dan berakibat jersey melar. Ketika mencuci jersey jangan memerasnya terlalu kuat, perasaan yang kuat dapat membuat kain jersey menjadi melar.

Warna Jersey Luntur

Agar terhindar dari warna jersey yang luntur, biasakan untuk mengelompokan jersey atau pakaian sesuai warna saat akan dicuci. Hal ini untuk mencegah transfer warna dari pakaian. Gunakan deterjen yang tepat, janagan menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda di jersey berwarna. 

Merawat jersey dengan tepat, tidak hanya membuat jersey lebih awet tetapi juga membuat jersey tetap nyaman saat digunakan. Semoga tips yang dibagikan dapat bermanfaat dan membuat jersey kamu tetap keren saat digunakan. Merawat jersey sama dengan investasi yang tepat untuk menjaga kualitas jersey.