Cara Memilih Bahan dan Warna Jaket Varsity yang Tepat!

Jaket varsity adalah item fashion yang tidak lekang oleh waktu. Desainnya yang klasik dengan tampilan sporty membuat pemakainya terlihat lebih stylish dan membuat  jaket varsity menjadi favorit banyak orang.

Banyaknya pilihan warna dan bahan, menjadi tantangan tersendiri dalam menentukan model jaket varsity yang sesuai dengan keinginan. Artikel ini akan membahas berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari pemilihan bahan yang tepat, kombinasi warna yang pas, sampai tips perawatan, sehingga kamu bisa menemukan model jaket varsity yang cocok dengan gaya dan kepribadian kamu.

Rekomendasi Macam-macam Bahan untuk Jaket Varsity

Salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan saat akan membeli atau membuat jaket varsity adalah jenis bahan yang digunakan. Hal ini dikarenakan ada beragam varian jenis bahan jaket varsity dengan karakteristik yang berbeda, dengan mengetahui jenis bahan yang akan digunakan,  akan membantu kamu dalam menentukan pilihan yang pas sesuai dengan kebutuhan.

Berikut rekomendasi bahan jaket varsity yang akan memudahkan kamu dalam menentukan pilihan: 

Fleece Cotton

Memiliki karakteristik kain yang halus dan lembut dengan tekstur bulu halus di bagian dalam serta serat kaos di permukaan luar, fleece cotton terbuat dari 100% katun. Bahan fleece cotton mudah menyerap keringat, nyaman dikulit dan tidak menyebabkan iritasi kulit. 

Kelebihan bahan fleece cotton: 

  • Memiliki serat kain yang besar sehingga nyaman digunakan dan tidak membuat gerah
  • Bahan tebal dan lembut sehingga memberikan rasa hangat dan nyaman 
  • Karakteristik bahan tidak mudah melar
  • Termasuk bahan yang awet dan tahan lama

Baby Terry Cotton

Baby terry cotton termasuk bahan yang tepat untuk bahan jaket varsity. Bahan ini memiliki tekstur kain yang sangat lembut karena mengandung serat katun, dengan permukaan bagian dalam unik seperti handuk yang mudah menyerap keringat. 

Berikut kelebihan bahan baby terry cotton untuk membuat jaket varsity:

  • Memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik karena berbahan dasar katun
  • Tekstur kain berongga menghasilkan sirkulasi kain yang baik sehingga membuat nyaman digunakan saat cuaca panas
  • Selain nyaman digunakan saat cuaca panas, bahan baby terry juga memberikan rasa hangat saat digunakan di cuaca dingin
  • Varian warna banyak dan beragam
  • Tekstur kain lembut, halus dan tidak berbulu

Fleece CVC

Bahan fleece cvc merupakan bahan fleece yang terbuat dari kombinasi serat katun dengan serat polyester. Bahan ini memiliki komposisi serat katun lebih dominan dibandingkan dengan polyester, sehingga masih nyaman digunakan. Memiliki tekstur permukaan luar yang kasar dibandingkan jenis bahan fleece cotton, kain yang lebih tipis dan mudah menyerap keringat. Fleece cvc banyak digunakan untuk pembuatan jaket atau hoodie. 

Kelebihan bahan fleece cvc:

  • Memiliki daya serap yang baik
  • Harga lebih terjangkau dibandingkan bahan fleece cotton
  • Tekstur kain yang cukup halus dan lembut, sehingga nyaman digunakan
  • Dengan bahan yang cukup tebal memberikan sensasi hangat saat digunakan di cuaca dingin atau malam hari

Fleece PE

Bahan ini merupakan campuran dari serat cotton dan polyester atau dikenal juga dengan nama polycotton. Fleece PE memiliki komposisi polyester lebih banyak daripada serat katun sehingga menghasilkan kain yang mengkilap dengan tekstur kain yang lebih kaku dibandingkan dengan fleece cotton.

Fleece PE termasuk bahan golongan kain yang tebal yang membuat sirkulasi udara pada kain kurang baik, sehingga membuat panas terkunci pada kain.

Adapun kelebihan yang dimiliki bahan fleece PE, yaitu:

  • Bahan kain awet dan tahan lama
  • Tekstur kain cukup lembut dan nyaman
  • Karakteristik bahan anti angin
  • Harga lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis bahan fleece lainnya

Lacoste CVC

Bahan lacoste cvc memiliki ciri khas tekstur kain seperti honeycomb (berlubang-lubang) yang membuat kain memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahan ini memiliki campuran serat katun dan viscose dengan perbandingan katun (55%) dan viscose (45%). 

Memiliki karakteristik kain yang lembut dan halus sehingga membantu mengurangi resiko terjadi iritasi pada kulit saat berkeringat. Pola berpori pada kain dihasilkan dari adanya campuran serat alami kapas, yang membuat sirkulasi udara pada kain lebih baik sehingga menghindari penumpukan kelembapan yang membuat tidak nyaman saat digunakan.

Beberapa kelebihan lacoste cvc;

  • Memiliki ketahanan kain yang lama sehingga bentuknya tidak mudah berubah 
  • Tidak mudah berkerut dan kusut
  • Sifat kain elastis sehingga tidak mudah melar
  • Ketahanan warna yang baik dan tidak mudah luntur
  • Harga terjangkau

Dalam memilih bahan yang tepat untuk jaket varsity perlu diperhatikan juga beberapa faktor seperti cuaca, jenis aktivitas dan perawatannya. Jika kamu suka beraktivitas outdoor, bahan fleece mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cara Memilih Warna Jaket Varsity

Warna menjadi hal pertama yang menarik perhatian dan berpengaruh pada penampilan seseorang. Ternyata, warna juga memiliki pengaruh berbeda terhadap kondisi psikologis seseorang. Keberadaan warna dapat memengaruhi persepsi dan mood sesorang.

Dalam psikologi warna secara sederhana warna dapat merepresentasikan perilaku seseorang. Banyak hal yang dipengaruhi oleh warna, seperti suasana hati, emosi, persepsi dan lainnya.

Begitu juga saat memilih warna yang pas untuk membuat jaket varsity, kamu bisa menyesuaikan dengan karakter dan kepribadian kamu.

Misalnya warna merah, warna yang menunjukan karakter kuat dan menarik perhatian, cocok untuk kamu yang ingin tampil percaya diri dan berani. Untuk kamu yang memiliki kesan tenang, warna navy blue yang klasik dan elegan patut dicoba. Karakter yang ceria dan penuh kegembiraan bisa mencoba warna kuning yang menyegarkan.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih warna, pastikan warna tersebut merepresentasikan kepribadian kamu dan membuat kamu nyaman. Ketika kamu tampil percaya diri maka, pakaian apapun yang kamu kenakan akan terlihat bagus dan menarik.

Untuk mendapatkan warna jaket yang ideal, kamu juga bisa menggunakan roda warna atau color wheel, yang akan membantu kamu untuk memilih kombinasi warna yang pas saat membuat atau membeli jaket varsity. Sehingga kombinasi warna yang dihasilkan pas, tidak norak dan enak dilihat.

Roda warna atau color wheel (Sumber : graf1x.com)

Coba Mix and Match Jaket Varsity

Jaket varsity menjadi item fashion yang bisa memberikan tampilan kasual dan sporty di saat bersamaan. Bergaya klasik, jaket ini mudah untuk dipadu padankan, sehingga tampilan yang dihasilkan tidak monoton dan kaku. Yuk, cari tahu beberapa ide padu padan jaket varsity yang akan membuat gaya kamu semakin keren.

Celana jeans dan sneakers

Ootd jaket varsity dengan jeans dan sneakers (Sumber: pinterest.com/Levi Skyum)

Gunakan jaket varsity dengan koleksi jeans favoritmu. Celana jeans yang cocok dipadu padan dengan outfit apapun, akan terlihat keren dengan tambahan jaket varsity yang memiliki desain unik. Penggunaan sneakers akan menambah gaya sporty dari tampilanmu. Kesan segar, aktif dan kreatif akan didapatkan dari look ini. 

T-shirt polos dan jaket Varsity

ootd jaket varsity dengan T-shirt (Sumber: pinterest.com/m.shein.com)

T-shirt polos never goes wrong. Keluarkan semua koleksi t-shirt polosmu dan padu padankan dengan jaket varsity, voila tampilan kamu akan langsung terlihat stylish.

Warna-warna t-shirt netral akan memberikan kesan penampilan yang bersih dan rapi, tapi kalau kamu memiliki pribadi yang ekspresif dan suka menarik perhatian, kamu bisa mencoba t-shirt dengan warna-warna terang yang kontras dengan jaket varsity sehingga menghasilkan tampilan yang unik dan menonjol.

Jaket varsity dan hoodie

ootd jaket varsity dengan hoodie (Sumber: pinterest.com/taliq)

Kalau kamu suka menonton k-drama atau korean street style, mereka suka menggunakan jaket varsity dengan hoodie di dalamnya. Selain memberikan sentuhan hangat dikala cuaca dingin, perpaduan keduanya akan membuat tampilan semakin fashionable

Jaket varsity dan celana Kargo

ootd jaket varsity dan celana kargo (Sumber: pinterest.com)

Jika kamu suka dengan tampilan sporty, kamu bisa mencoba memadukan jaket varsity dengan celana kargo, printed t-shirt, sneakers dan baseball hat sebagai aksesoris. Celana kargo yang longgar memberikan kesan aktif dan nyaman saat digunakan.

Pemilihan bahan dan warna pada jaket varsity sangat penting untuk mendapatkan tampilan yang keren dan sesuai kepribadian. Selain itu, jangan ragu untuk mengeluarkan ide dalam memadu padankan jaket varsity untuk mengekspresikan diri, karena gaya yang sesuai dengan pribadi kamu itu yang paling penting.