Cara Merawat Jaket Varsity Agar Awet dan Tidak Kusam

Jaket varisty sudah menjadi item fashion yang menjadi favorit berbagai kalangan terutama anak muda. Desain yang unik dan stylish menjadikan jaket varsity menjadi pilihan untuk melengkapi gaya dalam berpakaian. 

Namun, untuk menjaga jaket varsity agar tetap keren dan awet, perlu diperhatikan cara merawatnya. Karena kalau salah dan sembarangan dalam perawatannya, bahan jaket varsity akan menjadi melar dan warnanya pudar.

Dengan perawatan yang tepat, jaket varsity akan tetap terlihat keren dan awet selama beberapa tahun ke depan.Yuk, simak tips-tips berikut ini!

Cara Merawat Jaket Varsity

Pisahkan dengan Bahan dan Pakaian lain saat dicuci

Ketika akan mencuci jaket varsity, jangan digabung dengan pakaian lain. Pisahkan sesuai bahan dan warna, hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan saat proses mencuci yang akan membuat jaket berubah bentuk dan merusak desain yang ada pada jaket.

Biasakan juga untuk membaca petunjuk cara perawatan, karena perbedaan jenis bahan memiliki cara pencucian yang berbeda. Beberapa jaket varsity bahkan memiliki kombinasi bahan yang berbeda sehingga dibutuhkan perawatan ekstra.

Mencuci dengan Menggunakan Air Dingin

Hindari penggunaan air panas unuk mencuci karena dapat mengakibatkan kerusakan pada bentuk dan warna jaket varsity. Rendam dan cuci menggunakan air dingin yang dicampur dengan deterjen lembut dan cuci manual menggunakan tangan.

Ada beberapa bahan jaket varsity yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, namun kamu harus teliti dalam membaca petunjuk perawatannya sehingga tidak merusak jaket.

Jangan Menjemur di bawah Matahari langsung

Hindari penggunaan mesin pengering setelah mencuci jaket karena bisa menyebabkan kerusakan pada bahan dan mengubah bentuk jaket. 

Setelah dicuci, keringkan jaket dengan cara digantung dan dijemur di tempat teduh dan berangin. Jangan menjemur jaket langsung di bawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan warna jaket menjadi pudar dan bahan menjadi keras.

Menyimpan Jaket Varsity dengan Baik

Simpan jaket varsity ditempat yang sejuk dan kering. Hindari tempat yang lembap dan terkena cahaya matahari langsung.

Pergunakan setrika uap untuk membuat jaket tetap mulus dan rapi. Gantung jaket menggunakan gantungan yang sesuai dan gunakan kantong pelindung sehingga jaket terlindungi dari debu dan paparan sinar matahari.

Merawat jaket varsity termasuk gampang-gampang susah. Dibutuhkan kecermatan dan sikap yang telaten, karena kalau kamu sembarangan dalam menggunakan dan merawat jaket varsity, maka usia jaketmu tidak akan bertahan lama. Merawat jaket dengan baik akan membuat jaket varsity kamu tampak selalu baru dan keren.