Jersey Running: Ringan dan Menyerap Keringat

Penggunaan jersey running, tidak bisa diabaikan ketika berkaitan dengan olahraga lari. Jersey yang tepat tidak hanya membuat kamu merasa nyaman saat berlari, tetapi juga dapat meningkatkan performa saat berolahraga. 

Pemilihan model dan jenis bahan yang digunakan, menjadi hal utama yang diperhatikan saat memilih jersey running. Bahan yang kurang tepat, akan menimbulkan rasa kurang nyaman kepada pemakai dan memberikan sensasi gerah, gatal dan bahkan meninggalkan bau tidak sedap.

Jadi, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih jersey running?dan jenis bahan apa yang terbaik untuk jersey running? Simak lebih lengkapnya di artikel ini ya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jersey Running

  1. Bahan kain yang digunakan. Pilih bahan jersey yang mampu menyerap keringat dengan baik, saat berlari, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, pilihlah jersey yang memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Jersey dengan daya serap keringat yang baik, akan menjaga tubuh tetap kering dan nyaman. Sehingga kamu terhindar dari rasa lengket dan tidak nyaman saat berlari.
  1. Kenyamanan. Pastikan memilih jersey yang memiliki hasil jahitan yang halus dan tidak membuat iritasi kulit. Kenyamanan menjadi salah satu faktor utama saat memilih jersey running. Jersey dengan jahitan yang kasar harus kamu hindari, karena dapat menyebabkan gesekan pada kulit.
  1. Memiliki sirkulasi udara yang baik. Mungkin kamu bingung, dari mana kamu mengetahui kalau jersey yang kamu pilih memiliki sirkulasi yang baik? Kamubisa mengetahuinya dari jenis bahan yang digunakan. Pilih bahan jersey yang memiliki pori-pori kecil, yang membuat udara dapat mengalir dengan baik. Hal ini akan membantu tubuh kamu lebih adem saat berlari.
  1. Ringan dan fleksibel. Jersey dengan bahan ini akan membuat tubuh lebih bebas bergerak dan nyaman. Hindari menggunakan jersey dengan bahan yang berat dan kaku. Selain membuat aktivitas lari kamu tidak nyaman, bahan jersey ini dapat menghambat gerak saat lari dan membuat kamu lebih cepat lelah. 
  1. Desain dan Warna. Kedua hal ini biasanya menjadi daya tarik utama saat membeli jersey. Karena sebagai makhluk visual, manusia akan fokus kepada hal-hal yang menarik pengelihatannya. Pilihan desain yang tepat dan warna yang sesuai dengan karakter, akan membuat kamu lebih bersemangat saat berlari. Warna-warna cerah banyak disukai karena meningkatkan visibilitas saat berlari outdoor

Jenis Bahan Terbaik untuk Jersey Running

Tidak semua bahan bisa digunakan untuk membuat jersey running. Bahan kain untuk jersey memiliki karakteristik menyerap keringat, ringan, memiliki sirkulasi udara yang baik, anti bau dan fleksibel. Berikut beberapa jenis bahan terbaik untuk jersey running:

  1. Polyester

Polyester merupakan salah satu bahan populer dan banyak digunakan untuk pakaian olahraga, termasuk jersey running. Karakteristik dari polyester adalah mampu menyerap keringat dengan baik, cepat kering, berbahan ringan dan tahan lama. Kelebihan tersebut membuat polyester menjadi pilihan terbaik untuk aktivitas fisik yang intens.

  1. Nylon

Memiliki karakteristik bahan yang kuat dan tahan lama, menjadikan nylon sebagai pilihan untuk membuat jersey running. Selain itu, bahan nylon juga memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik dan cukup fleksibel, yang membuat bahan ini bisa membuat pemakainya aktif bergerak dan tetap merasa nyaman.

  1. Spandex/Lycra

Bahan jenis ini biasanya dikombinasikan dengan jenis bahan lain untuk memberikan elastisitas tambahan pada kain. Kombinasi kain disesuaikan dengan kebutuhan. Bahan spandex atau lycra ini sangat fleksibel sehingga membuat pemakainya bisa bebas bergerak dengan aktif. Dengan tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi, bahan ini mampu mengikuti bentuk tumbuh dengan baik dan memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan berolahraga.

  1. Serat Bambu

Bahan serat bambu biasanya banyak digunakan untuk bahan sprei, namun saat ini mulai populer digunakan sebagai bahan jersey running. Memiliki karakteristik permukaan kain yang lembut, mampu menyerap keringat dengan baik serta ramah lingkungan, bahan serat bambu juga memiliki kemampuan antibakteri alami lho, sehingga nyaman digunakan saat berolahraga tanpa khawatir akan menimbulkan bau tidak sedap.

Memilih jenis jersey running yang tepat adalah sebuah investasi untuk mendapatkan kenyamanan dan performa terbaik saat berlari. Dengan memilih jersey yang tepat, kamu dapat menikmati pengalaman berlalri yang nyaman dan menyenangkan .